Berita

5 Fakta Menarik Tentang Pendidikan Anak Usia Prasekolah

Selasa, 06 Oktober 2020 / Berita

Pendidikan tentunya menjadi salah satu faktor penting yang turut serta dalam membangun kepribadian individu. Hampir setiap harinya anak pergi ke sekolah untuk belajar berbagai hal dan bersosialisasi dengan anak lainnya. Oleh karena itu, pendidikan memiliki peran penting dalam membangun hubungan sosial dan emosional anak.

Selain itu, pendidikan juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan masa depan bangsa. Dengan pendidikan yang baik tentunya diharapkan dapat menghasilkan generasi bangsa yang baik pula.

Setiap negara memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Harapan orangtua untuk anak di setiap negara pun berbeda. Hal itu dipengaruhi oleh kebudayaan, agama, dan iklim dari negara tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh Benesse Educational Research and Development (BERD) Institute pada 4 negara (Indonesia, Jepang, China, dan Finlandia), terdapat 5 fakta menarik terkait Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yaitu :

1. Fakta Terkait Waktu Bangun Tidur Anak

Ternyata, sebagian besar anak-anak di Indonesia terbiasa bangun tidur lebih awal sekitar pukul 05.30 hingga pukul 06.00. Alasannya karena Indonesia memiliki banyak kegiatan di pagi hari dan bagi anak-anak pemeluk agama islam harus melakukan sholat subuh.

Pada hari biasa, anak Indonesia yang bangun tidur sebelum pukul 05.30 mencapai 11,1% dan yang bangun pada pukul 06.00 mencapai 31,9%.

Sementara itu, anak-anak di tiga negara lainnya (Jepang, China, dan Finlandia) yang bangun tidur pada pukul 05.30 kurang dari 3%. Anak-anak di tiga negara tersebut lebih banyak bangun tidur pada pukul 07.00

    Kirim Komentar

    Developed by Citraweb